BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penelitian adalah proses pemecahan masalah
dengan menerapkan metode ilmiah .inilah agaknya makalah yang di kembangkan
melalui buku yang berjudul Metodologi Penelitian Pendidikan Kuntitatif
Dan Kualitatif , Metode Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D,yang di
beri keeterangan rinci tentang jenis penelitian yang di bahas .
Tujuan dari semua usaha ilmiah adalah untuk
menjelaskan,memprediksi,dan/atau mengontrol fenomena.tujuan ini di dasarkan
pada asumsi bahwa semua prilaku dan kejadian adalah peraturan dan bahwa semua
akibat mempunyai penyebab yang dapat di ketahui.
Kemajuan ke arah tujuan ini berhubungan
dengan pemerolehan pengetahuan dan pengembangan serta penguji teori-teori.
B. Rumusan Masalah
·
Pengertian Dan Jenis Penelitian Pendidikan
·
Metodologi Penelitian Dalam Bidang Pendidikan
·
Masalah Dan Fokus Dalam Sebuah Penelitian
·
Desain Penelitian Lapangan
·
Tekhnik Dan Instrumen/Gambaran Pengumpulan
Data
·
Penafsiran Analisis Data
·
Rencana Penelitian Dan Laporan Hasil
Penelitian (Skripsi)
C.Tujuan Penulisan
ü Sebagai Pedoman Pemakalah Untuk Pembuatan Karya Ilmiah
ü Memenuhi tugas Kuliah
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN DAN JENIS PENELITIAN
A. Makna
Penelitian Pendidikan
Penelitian (research) dapat diartikan sebagai upaya atau
cara kerja yang sistematik untuk menjawab permasalahan atau pertanyaan dengan jalan
mengumpulkan data dan merumuskan generalisasi berdasarkan data tersebut. Diartikan
juga sebagai proses pemecahan masalah dan menemukan serta mengembangkan batang
tubuh pengetahuan
yang terorganisasikan melalui metode ilmiah.
Berdasarkan pengertian di atas, maka penelitian pendidikan dapat
diartikan sebagai
proses
yang sistematis untuk memperoleh pengetahuan (to discover knowledge) dan pemecahan
masalah (problem solving) pendidikan melalui metode ilmiah, baik dalam
pengumpulan maupun analisis datanya, serta membuat rumusan generalisasi berdasarkan
penafsiran data tersebut. Yang dimaksud dengan metode ilmiah di sini adalah metode yang
menggunakan prinsip-prinsip science, yaitu sistematis, empiris dan
objektif.
B. Jenis-Jenis Penelitian
Penelitian
dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
1. Dilihat dari sudut data yang diperoleh, penelitian dapat dikelompokkan
kedalam penelitian kuantitatif dan kualitatif.
2. Dilihat dari sudut penerapan hasil, penelitian dapat
dikelompokkan ke dalampenelitian dasar (basic research) dan terapan (applied
research).
3. Dilihat dari sudut proses atau metode, penelitian dapat
dikelompokkan ke dalam penelitian historis, deskriptif, eksperimen,
korelasional, tindakan, kasus, dan perkembangan.
METODOLGI PENELITIAN DALAM BIDANG PENELITIAN KEPENDIDIKAN
ISLAM
Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif
Di
sisi lain, metode penelitian terbagi atas dua istilah, yaitu metode
tradisional, yang sering dikenal dengan nama metode kuantitatif, dan metode
baru, yang dikenal dengan nama metode kualitatif. Metode kuantitatif disebut
metode tradisional karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah
mentradisi sebagai metode untuk penelitian.
Sedangkan metode kualitatif disebut metode baru, karena popularitasnya
masih belum lama dan sering digunakan oleh para ahli peneliti.
Adapun
metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang
berlandaskan pada filsafat positivisme, metode ini digunakan untuk meneliti
pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umunya
dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian,
analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji
hipotesis yang telah ditetapkan. Metode ini
disebut kuantitatif karena data penelitian berupa angka – angka dan analisis
serta menggunakan statistik1
Sedangkan metode
penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat
post positivisme, metode ini digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek
alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci, pengambilan sumber data
dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan triangulasi
(gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian
kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Metode ini disebut
juga sebagai metode artistik, karena proses penelitian lebih bersifat seni, dan
disebut sebagai metode interpretive karena data hasil penelitian lebih
berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan di lapangan[1]
Unutuk pembahasan
lebih lengkapnya tentang penjelasan metode penelitian kuantitatif dan
kualitatif ini akan diulas luas oleh
para pemakalah berikutnya.
MASALAH DAN FOKUS DALAM SEBUAH PENELITIAN
A. MASALAH DALAM SEBUAH PENELITIAN (kualitatif)
Dalam penelitian kualitatif akan terjadi tiga kemungkinan terhadap masalah
yang di bawa oleh peneliti dalam penelitian.
1.
Masalah yang di bawa oleh peneliti tetap,sehingga sejak awal sampai
akhir penelitian sama.
2.
Masalah yang di bawa peneliti setelah
memasuki penelitin berkembang yaitu memperluas atau memperdalam masalah yang
telah di siapkan
3.
Masalah yang di bawa peneliti setelah
memasuki lapangan berubah total,sehingga harus ganti masalah.
B. FOKUS DALAM SEBUAH PROPOSAL PENELITIAN
Spradly dalam sanapiah faisal(1988) mengemukakan empat alternatif untuk
menetapkan fokus yaitu:
1.
Meneteapkan fokus pada permasalahan yang
disarankan oleh informan.
2.
Menetapkan fokus berdasarkan domain-domaian
tertentu organizing domain.
3.
Menetapkan fokus yang memiliki nilai penemuan
untuk pengembangan iptek.
4.
Menetapkan fokus berdasarkan permasalahan
yang terkait dengan tori-teori yang telah ada.
DESIAN PENELITIAN LAPANGAN
Menurut Elliott (dalam maclasaac,1996:2) hal yang penting dari desain
penelitian Lapangan Sebagai Karakteristik Persiklus adalah sebagai berikut:
·
Pada awalnya suatu pendidiran eksploratori di
adopsi,pemahaman masalah di kembangkan,dan rencana di buat untuk beberapa
bentuk strategi intervensi .(the
reconnaissannce dan general plane).
·
Kemudian intervensi di lakukan (the action
research)
·
Selama dan sekitar waktu
intervensi,pengamatan di lakukan dalam berbagai bentuk(monitoring ,pelaksanaan,dengan observasi).
·
Strategi intervensi baru di lakukan ,dan
proses siklus di ulangi,di lanjutkan sampai pemahaman yang cukup(atau
menerapkan solusi yang mampu untuk) terhadap suatu masalah di peroleh(reflection
and revision).
TEKHNIK DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA
A. Tekhnik pengumpulan data
1.
Observasi (partisipan observation)
2.
Wawancara mendalam( in depth interview)
3.
Dokumentasi
4.
Triangulasi/gabunbungan
B. Instrumen pengumpulan data
Dalam penelitian kualitatif yang menjadi instrumen atau alat penelitian
adalah peneliti itu sendiri.oleh karna itu peneliti sebagai instrumen juga
harus di validasi seberapa jauh peneliti kualitatif siap melakukan penelitian
yang selanjutnya turun ke lapangan.
Nasution 1988 menyatakan :
Dalam penelitian kualitatif,tidak ada pilihan lain dripada menjadikan
manusia sebagai instrumen penelitian utama.alasannya ialah bahwa,segala sesuatu
belum mempunyai bentuk yang pasti. Masalah,fokus penelitian,prosedur penelitian,hipotesis
yang di gunakan,bahkan hasil yang di harapkan,itu semua tidak dapat di tentukan
secara pasti dan jelas sebelumnya.segala sesuatu masih perlu di kembangkan
sepanjang penelitian itu.dalam keadaan yang serba tidak pasti dan tidak jelas
itu, tidak ada pilihan lain dan hanya penelti itu sendiri sebagai alat
satu-satunya yang dapat mencpainya.
Berdasarkan pernyataan tersebut dapat di pahami bahwa,dalam penelitian
kualitatif pada awalnya di mana permasalah belum jelas dan pasti,maka yang
menjadi instrumen adalah peneliti
sendiri.tetapi setelah masalahnya yang akan di pelajari jelas,maka dapat
di kembangkan suatu instrumen.
PENAFSIRAN DATA DALAM VARIESIS PENGOLAHAN DATA & ANALISIS DATA
A.
Analisi Data Penelitian Kualitatif
Dalam penelitian Kualitatif data di peroleh dari berbagai sumber dengan
menggunakan tekhnik data yang bermacam-macam (triangulasi) dan di lakukan
secara terus menerus sampai datanya jenuh,belum ada panduan dalam penelitian
kualitatif untuk menentukan berapa banyak data dan analisi yang di perlukan
untuk mendukung kesimpulan atau teori.
Nasution menyatakan bahwa :
“melakukan analisis adalah pekerjaan yang sulit,memerlukan kerja
keras.annalisi memerlukan daya kreatif serta kemampuan intelektual yang
tinggi.tidak ada cara tertentu yang dapat di ikuti un tuk mengadakan
analisis,sehingga setiap peneliti harus mencari sendiri metode yang di rasa
cocok dengan sifat penelitinya.bahan yang sama bisa di klasifikasikan lain oleh
peneliti yang berbeda”.
B.
Analisis Data Penelitian Kuantitatif
Dalam
penelitian kkuantitatif,tekhnik analisis data yang di gunakan sudah jelas
,yaitu di arahkan untuk menjawab rumusan masalah atau menguji hipotesis yang
telah di rumuskan dalam proposal.karna datanya kuantitatif,maka tekhnik
analisis data menggunakan metode statistik yang sudah tersedia.
Miasalnya
akan menguji hipotesis hubungan antara dua variabel.
ü
Bila datanya ordinal maka statistik yang di
gunakan adalah korelasi spearman rank.
ü
Bila datanya interval atau ratio di gunakan
korelasi pearson product interval atau ratio di gunakan t-test dua sample.
ü
Bila datanya nominal di gunakan chi kuadrat .
selanjutnya
bila akan menguji hipotesis komparatif lebih dari dua sample ,datanya interval,di
gunakan analisis varian.
RENCANA PENELITIAN DAN LAPORAN HASIL
PENELITIAN
A.
Rencana Penelitian
Dalam perencanaan penelitian yang perlu di
perhatikan adalah sebaagai berikut :
Tujuan Penelitian
,Materi,Metode,Alat,Evaluasi
B.
Laporan Hasil Penelitian
Dalam laporan penelitian yang di buat harus selalu di lampiri dengan
produk yang di hasilkan berikut spesifikasi dan penjelasanya.lampiran berupa
produk yang di hasilkan tersebut,di buat dalam buku tersendiri,dan di berikan
penjelasan tentang kehebatan produk tersebut berdasarkan hasil uji coba,serta
cara menggnakan produk tersebut.sistematika laporan adalah sebagai berikut:
HLAMAN JUDUL
ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan masalah
C.
Tujuan
D.
Manfaat
BAB II
LANDASAN TEORI,KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESISI
A.
Deskripsi Teori
B.
Kerangka Berfikir
C.
Hipotesisi (Produk Yang Akan Di Hasilakan )
BAB III
PROSEDUR PENELITIAN
A.
Langkah-Langkah Penelitian
B.
Metode penelitian Tahap I
1.
Populasi sampel sumber data
2.
Tekhni Pengumpulan Data
3.
Instrumen Penelitian
4.
Analisis Data
5.
Perencanaan Desain Produk
6.
Validasi desain
C.
Metode Penelitian Tahap II
1.
MODEL Rancangan Eksperimen Untuk Menguji
2.
Populasi dan Sampel
3.
Tekhnik pengumpulan data
4.
Instumen Penelitian
5.
Tekhnik Analisi Data
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Desain Awal produk (gambar dan penjelasan)
B.
Hasil Pengujian Pertama
C.
Revisi Produk (Gambar setelah di revisi dan
D.
Hasil pengujian Tahap ke II
E.
Revisi Produk (gambar setelah di revisi dan
F.
Pengujian Tahap Ke III (bila perlu)
G.
Penyempurnaan Produk (gambara Terakhir dan
H.
Pembhasan Produk
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN PENGGUNAANNYA
A.
Kesimpulan
B.
Saran Penggunaan
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
INSTRUMEN
LAMPIRAN DATA
LAMPIRAN
PRODUK YANG DDI HASILKAN BERIKUT BUKU PENJELSANNYA
Daftar Pustaka
Prof
Dr.Sugiono Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif Dan R&D
ALBETA ,Bandung April 2013
Prof Dr.Emzir ,M.Pd Metodologi Penelitian Pendidikan
Kuantitatif Dan Kualitatif ,
Ed .1-6 .Jakarta Rajawali Pers 2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya
penulis dapat menyelesaikan makalah ini
Makalah ini penulis buat guna memenuhi
syarat untuk mengikuti mata kuliah Metodologi
Penelitian yang diasuh oleh Bapak .Drs.H.M. KHAIRUDDIN,M.Pd.I , pada semester ganjil ,selain itu juga
sebagai bahan perkuliahan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca,
khususnya bagi para mahasiswa calon guru. Makalah ini membahas tentang
pelaporan data hasil penilaian dan pemanfaatannya.
Dalam penulisan makalah ini, penulis
tentunya tidak dapat bekerja sendiri tetapi juga dibantu oleh pihak lain yang
bersangkutan. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak
selaku dosen pengampu yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah
ini. Selanjutnya kepada para sumber rujukan yang tulisannya kami gunakan
sebagai referensi dalam makalah ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih
jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran
yang membangun dari pembaca guna perbaikan makalah ini selanjutnya.
Akhir kata penulis mengucapkan selamat
membaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.
Kuala tungkal, Januari 2014
Penyusun
Daftar Isi
Kata Pengantar...................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang............................................................................ 1
B.
Rumusan
Masalah....................................................................... 1
C.
Tujuan
Penulisan ........................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Dan Jenis Penelitian ................................................. 2
B. Metodolgi Penelitian Dalam Bidang
Penelitian Kependidikan Islam................................................... 3
C.
Masalah Dan Fokus Dalam Sebuah Penelitian............................. 5
D.
Desian Penelitian Lapangan......................................................... 6
E.
Tekhnik Dan Instrumen Pengumpulan Data................................. 7
F.
Penafsiran Data Dalam Variesis Pengolahan
Data & Analisis Data 8
G.
Rencana Penelitian Dan Laporan Hasil Penelitian ...................... 9
Daftar Pustaka
No comments:
Post a Comment