Tuesday, 25 March 2014

Metodologi Penelitian Pendidikan Kuntitatif Dan Kualitatif , Metode Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D STAI.A



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Penelitian adalah proses pemecahan masalah dengan menerapkan metode ilmiah .inilah agaknya makalah yang di kembangkan melalui buku yang berjudul Metodologi Penelitian Pendidikan Kuntitatif Dan Kualitatif , Metode Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D,yang di beri keeterangan rinci tentang jenis penelitian yang di bahas .

Tujuan dari semua usaha ilmiah adalah untuk menjelaskan,memprediksi,dan/atau mengontrol fenomena.tujuan ini di dasarkan pada asumsi bahwa semua prilaku dan kejadian adalah peraturan dan bahwa semua akibat mempunyai penyebab yang dapat di ketahui.

Kemajuan ke arah tujuan ini berhubungan dengan pemerolehan pengetahuan dan pengembangan serta penguji teori-teori.

B.     Rumusan Masalah
·         Pengertian Dan Jenis Penelitian Pendidikan
·         Metodologi Penelitian Dalam Bidang Pendidikan
·         Masalah Dan Fokus Dalam Sebuah Penelitian
·         Desain Penelitian Lapangan
·         Tekhnik Dan Instrumen/Gambaran Pengumpulan Data
·         Penafsiran Analisis Data
·         Rencana Penelitian Dan Laporan Hasil Penelitian (Skripsi)
C.Tujuan Penulisan
ü  Sebagai Pedoman Pemakalah Untuk Pembuatan Karya Ilmiah
ü  Memenuhi tugas Kuliah
BAB II
 PEMBAHASAN
PENGERTIAN DAN JENIS PENELITIAN

A. Makna Penelitian Pendidikan
Penelitian (research) dapat diartikan sebagai upaya atau cara kerja yang sistematik untuk menjawab permasalahan atau pertanyaan dengan jalan mengumpulkan data dan merumuskan generalisasi berdasarkan data tersebut. Diartikan juga sebagai proses pemecahan masalah dan menemukan serta mengembangkan batang tubuh pengetahuan yang terorganisasikan melalui metode ilmiah.
Berdasarkan pengertian di atas, maka penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai
proses yang sistematis untuk memperoleh pengetahuan (to discover knowledge) dan pemecahan masalah (problem solving) pendidikan melalui metode ilmiah, baik dalam pengumpulan maupun analisis datanya, serta membuat rumusan generalisasi berdasarkan penafsiran data tersebut. Yang dimaksud dengan metode ilmiah di sini adalah metode yang menggunakan prinsip-prinsip science, yaitu sistematis, empiris dan objektif.

B. Jenis-Jenis Penelitian
Penelitian dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
1. Dilihat dari sudut data yang diperoleh, penelitian dapat dikelompokkan kedalam penelitian kuantitatif dan kualitatif.
2. Dilihat dari sudut penerapan hasil, penelitian dapat dikelompokkan ke dalampenelitian dasar (basic research) dan terapan (applied research).
3. Dilihat dari sudut proses atau metode, penelitian dapat dikelompokkan ke dalam penelitian historis, deskriptif, eksperimen, korelasional, tindakan, kasus, dan perkembangan.
METODOLGI PENELITIAN DALAM BIDANG PENELITIAN KEPENDIDIKAN ISLAM
    Metode Penelitian Kuantitatif  Dan Kualitatif
Di sisi lain, metode penelitian terbagi atas dua istilah, yaitu metode tradisional, yang sering dikenal dengan nama metode kuantitatif, dan metode baru, yang dikenal dengan nama metode kualitatif. Metode kuantitatif disebut metode tradisional karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian.  Sedangkan metode kualitatif disebut metode baru, karena popularitasnya masih belum lama dan sering digunakan oleh para ahli peneliti. 
Adapun metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, metode ini digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umunya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode ini disebut kuantitatif karena data penelitian berupa angka – angka dan analisis serta menggunakan statistik1
Sedangkan metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, metode ini digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci, pengambilan sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Metode ini disebut juga sebagai metode artistik, karena proses penelitian lebih bersifat seni, dan disebut sebagai metode interpretive karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan di lapangan[1]



Unutuk pembahasan lebih lengkapnya tentang penjelasan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif ini akan diulas luas  oleh para pemakalah berikutnya.



MASALAH DAN FOKUS DALAM SEBUAH  PENELITIAN
A.     MASALAH DALAM SEBUAH  PENELITIAN (kualitatif)
Dalam penelitian kualitatif akan terjadi tiga kemungkinan terhadap masalah yang di bawa oleh peneliti dalam penelitian.
1.      Masalah yang di bawa oleh  peneliti tetap,sehingga sejak awal sampai akhir penelitian sama.
2.      Masalah yang di bawa peneliti setelah memasuki penelitin berkembang yaitu memperluas atau memperdalam masalah yang telah di siapkan
3.      Masalah yang di bawa peneliti setelah memasuki lapangan berubah total,sehingga harus ganti masalah.
B.     FOKUS DALAM SEBUAH PROPOSAL PENELITIAN
Spradly dalam sanapiah faisal(1988) mengemukakan empat alternatif untuk menetapkan fokus yaitu:
1.      Meneteapkan fokus pada permasalahan yang disarankan oleh informan.
2.      Menetapkan fokus berdasarkan domain-domaian tertentu organizing domain.
3.      Menetapkan fokus yang memiliki nilai penemuan untuk pengembangan iptek.
4.      Menetapkan fokus berdasarkan permasalahan yang terkait dengan tori-teori yang telah ada.








DESIAN PENELITIAN LAPANGAN
Menurut Elliott (dalam maclasaac,1996:2) hal yang penting dari desain penelitian Lapangan Sebagai Karakteristik Persiklus adalah sebagai berikut:
·         Pada awalnya suatu pendidiran eksploratori di adopsi,pemahaman masalah di kembangkan,dan rencana di buat untuk beberapa bentuk strategi intervensi .(the reconnaissannce dan general plane).
·         Kemudian intervensi di lakukan (the action research)
·         Selama dan sekitar waktu intervensi,pengamatan di lakukan dalam berbagai bentuk(monitoring ,pelaksanaan,dengan observasi).
·         Strategi intervensi baru di lakukan ,dan proses siklus di ulangi,di lanjutkan sampai pemahaman yang cukup(atau menerapkan solusi yang mampu untuk) terhadap suatu masalah di peroleh(reflection and revision).













TEKHNIK DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA
A.     Tekhnik pengumpulan data
1.      Observasi (partisipan observation)
2.      Wawancara mendalam( in depth interview)
3.      Dokumentasi
4.      Triangulasi/gabunbungan
B.     Instrumen pengumpulan data
Dalam penelitian kualitatif yang menjadi instrumen atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri.oleh karna itu peneliti sebagai instrumen juga harus di validasi seberapa jauh peneliti kualitatif siap melakukan penelitian yang selanjutnya turun ke lapangan.

Nasution 1988 menyatakan :
Dalam penelitian kualitatif,tidak ada pilihan lain dripada menjadikan manusia sebagai instrumen penelitian utama.alasannya ialah bahwa,segala sesuatu belum mempunyai bentuk yang pasti. Masalah,fokus penelitian,prosedur penelitian,hipotesis yang di gunakan,bahkan hasil yang di harapkan,itu semua tidak dapat di tentukan secara pasti dan jelas sebelumnya.segala sesuatu masih perlu di kembangkan sepanjang penelitian itu.dalam keadaan yang serba tidak pasti dan tidak jelas itu, tidak ada pilihan lain dan hanya penelti itu sendiri sebagai alat satu-satunya yang dapat mencpainya.

Berdasarkan pernyataan tersebut dapat di pahami bahwa,dalam penelitian kualitatif pada awalnya di mana permasalah belum jelas dan pasti,maka yang menjadi instrumen adalah peneliti  sendiri.tetapi setelah masalahnya yang akan di pelajari jelas,maka dapat di kembangkan suatu instrumen.


PENAFSIRAN DATA DALAM VARIESIS PENGOLAHAN DATA & ANALISIS DATA

A.     Analisi Data Penelitian Kualitatif
Dalam penelitian Kualitatif data di peroleh dari berbagai sumber dengan menggunakan tekhnik data yang bermacam-macam (triangulasi) dan di lakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh,belum ada panduan dalam penelitian kualitatif untuk menentukan berapa banyak data dan analisi yang di perlukan untuk mendukung kesimpulan atau teori.
Nasution menyatakan bahwa :
“melakukan analisis adalah pekerjaan yang sulit,memerlukan kerja keras.annalisi memerlukan daya kreatif serta kemampuan intelektual yang tinggi.tidak ada cara tertentu yang dapat di ikuti un tuk mengadakan analisis,sehingga setiap peneliti harus mencari sendiri metode yang di rasa cocok dengan sifat penelitinya.bahan yang sama bisa di klasifikasikan lain oleh peneliti yang berbeda”.

B.     Analisis Data Penelitian Kuantitatif
Dalam penelitian kkuantitatif,tekhnik analisis data yang di gunakan sudah jelas ,yaitu di arahkan untuk menjawab rumusan masalah atau menguji hipotesis yang telah di rumuskan dalam proposal.karna datanya kuantitatif,maka tekhnik analisis data menggunakan metode statistik yang sudah tersedia.
Miasalnya akan menguji hipotesis hubungan antara dua variabel.
ü  Bila datanya ordinal maka statistik yang di gunakan adalah korelasi spearman rank.
ü  Bila datanya interval atau ratio di gunakan korelasi pearson product interval atau ratio di gunakan t-test dua sample.
ü  Bila datanya nominal di gunakan chi kuadrat .
selanjutnya bila akan menguji hipotesis komparatif lebih dari dua sample ,datanya interval,di gunakan analisis varian.


RENCANA PENELITIAN DAN LAPORAN  HASIL PENELITIAN
A.                 Rencana Penelitian
Dalam perencanaan penelitian yang perlu di perhatikan adalah sebaagai berikut :
Tujuan Penelitian ,Materi,Metode,Alat,Evaluasi
B.                 Laporan Hasil Penelitian
Dalam laporan penelitian  yang di buat harus selalu di lampiri dengan produk yang di hasilkan berikut spesifikasi dan penjelasanya.lampiran berupa produk yang di hasilkan tersebut,di buat dalam buku tersendiri,dan di berikan penjelasan tentang kehebatan produk tersebut berdasarkan hasil uji coba,serta cara menggnakan produk tersebut.sistematika laporan adalah sebagai berikut:


HLAMAN JUDUL
ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL

BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
B.     Rumusan masalah
C.     Tujuan
D.     Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI,KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESISI
A.     Deskripsi Teori
B.     Kerangka Berfikir
C.     Hipotesisi (Produk Yang Akan Di Hasilakan )
BAB III PROSEDUR PENELITIAN
A.     Langkah-Langkah Penelitian
B.     Metode penelitian Tahap I
1.      Populasi sampel sumber data
2.      Tekhni Pengumpulan Data
3.      Instrumen Penelitian
4.      Analisis Data
5.      Perencanaan Desain Produk
6.      Validasi desain
C.     Metode Penelitian Tahap II
1.      MODEL Rancangan Eksperimen Untuk Menguji
2.      Populasi dan Sampel
3.      Tekhnik pengumpulan data
4.      Instumen Penelitian
5.      Tekhnik Analisi Data
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.     Desain Awal produk (gambar dan penjelasan)
B.     Hasil Pengujian Pertama
C.     Revisi Produk (Gambar setelah di revisi dan
D.     Hasil pengujian Tahap ke II
E.      Revisi Produk (gambar setelah di revisi dan
F.      Pengujian Tahap Ke III (bila perlu)
G.     Penyempurnaan Produk (gambara Terakhir dan
H.     Pembhasan Produk
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN PENGGUNAANNYA
A.     Kesimpulan
B.     Saran Penggunaan
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN INSTRUMEN
LAMPIRAN DATA
LAMPIRAN PRODUK YANG DDI HASILKAN BERIKUT BUKU PENJELSANNYA
Daftar Pustaka
Prof Dr.Sugiono Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif Dan R&D
ALBETA ,Bandung April 2013
Prof Dr.Emzir ,M.Pd Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif ,
Ed .1-6 .Jakarta  Rajawali Pers 2012



KATA PENGANTAR

      Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini
      Makalah ini penulis buat guna memenuhi syarat untuk mengikuti mata kuliah Metodologi Penelitian  yang diasuh oleh Bapak .Drs.H.M. KHAIRUDDIN,M.Pd.I , pada semester ganjil ,selain itu juga sebagai bahan perkuliahan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca, khususnya bagi para mahasiswa calon guru. Makalah ini membahas tentang pelaporan data hasil penilaian dan pemanfaatannya.
      Dalam penulisan makalah ini, penulis tentunya tidak dapat bekerja sendiri tetapi juga dibantu oleh pihak lain yang bersangkutan. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak selaku dosen pengampu yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Selanjutnya kepada para sumber rujukan yang tulisannya kami gunakan sebagai referensi dalam makalah ini.
      Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca guna perbaikan makalah ini selanjutnya.
      Akhir kata penulis mengucapkan selamat membaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.

Kuala tungkal, Januari 2014


Penyusun



Daftar Isi

Kata Pengantar...................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah....................................................................... 1
C.     Tujuan Penulisan ........................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Dan Jenis Penelitian ................................................. 2
B.     Metodolgi Penelitian Dalam Bidang
Penelitian Kependidikan Islam................................................... 3
C.     Masalah Dan Fokus Dalam Sebuah  Penelitian............................. 5
D.     Desian Penelitian Lapangan......................................................... 6
E.      Tekhnik Dan Instrumen Pengumpulan Data................................. 7
F.      Penafsiran Data Dalam Variesis Pengolahan Data & Analisis Data      8
G.     Rencana Penelitian Dan Laporan  Hasil Penelitian ...................... 9
Daftar Pustaka







No comments:

Post a Comment